22 Maret 2008

10 cara dia kritik kita

Dia mengajak kita pergi berdua saja bisa berarti dia mengkritik kita yang kurang memberi waktu baginya.
Di mata lelaki, kaum kita terkenal sensitif dan sulit menerima kritik. Karena itu, mereka punya cara tersendiri untuk menyampaikan complain-nya.

1. Saran
"Biasanya sih saya cenderung memberikan saran untuknya. Kebetulan setiap akan membeli baju, dia selalu mengajak saya. Jadi, bila kurang suka dengan pilihannya, saya akan menyarankan baju dengan model lain." Ikhsan, 32, Wiraswasta.

2. Jalan berdua
"Akhir-akhir ini, kami jarang banget ketemu karena dia sibuk di kantor barunya. Biasanya saya ajak dia untuk
pergi dan menyarankan dengan jelas hanya untuk berdua. Itu bentuk kritik saya, kalau dia sudah tidak bisa membagi waktu." Rifky, 26, Account Executive.

3. Fitness yuk!
"Kalau badan pacar sudah mulai melar, saya tidak mengkritiknya dengan kata-kata. Dia langsung saya ajak olahraga atau fitness bersama. Dengan begitu kan dia tidak akan tersinggung." Reinaldo, 25, Customer Care.

4. Diam saja
"Saya tipe orang yang introvert, kalau ada yang tidak saya suka darinya, saya pasti jadi diam. Nah, biasanya dia akan bertanya ada apa. lnilah, kesempatan saya mengeluarkan kritkik." Anggoro, 26, Marketing.

5. Ini buat kamu
"Daripada saya harus mengkritik yang ia pakai, lebih baik langsung saya belikan baju atau aksesori yang menurut saya bagus. Tidak perlu ada ribut-ribut." Lippy, 27, Freelancer.

6. Ikut seminar
"Setelah 3 bulan pacaran, baru terlihat kalau pacar saya sangat boros. Kalau saya kritik, kami selalu jadi bertengkar. Akhirnya, saya ajak pacar datang ke seminar finance. Bersyukur, sejak itu dia mulai bisa mengontrol pengeluarannya." Dwi, 32, Public Relations.

7. Her best friend
"Menurut saya, sesama perempuan pasti lebih bisa saling mengerti. Karena itu, kalau ada sesuatu yang ingin saya kritik, saya prefer minta tolong sahabat perempuannya untuk menyampaikan. Biar aman, hehe." Arief, 30, Journalist.

8. SMS or email
"Kalau memang terpaksa harus mengkritik, biasanya saya akan menyampaikannya dengan mengirim SMS atau email. Tentu dengan bahasa yang sangat halus, agar dia tak tersinggung." lrham, 28, PNS.

9. Buku
"Pacarku ini punya kebiasaan ngaret. Kebetulan dia sangat suka baca buku. Ya sudah aku belikan dia buku Time Management. Untungnya dia enggak marah, justru dia janji mau belajar enggak ngaret lagi." Dion, 27, Finance Staf.

10. Tanya kenapa?
"Kalau ada sesuatu yang saya tidak suka, biasanya saya akan tanya kenapa kamu harus begini sih? Kalau dia sudah menjelaskan, baru saya katakan kalau saya tidak suka." Gren, 25, Staf LSM.
(CHIC/BesTari Kumala Dewi)

Tidak ada komentar: